PENYEBAB PENYAKIT DARAH TINGGI

http://pantangansehat.blogspot.com/2015/06/PENYEBAB-PENYAKIT-DARAH-TINGGI.html



                Penyebab penyakit darah tinggi sangat beragam. Berikut ini adalah penyebab penyakittekanan darah tinggi yang pantangansehat.blogspot.com dapat rangkum .
1. Bertambahnya Umur
                Tidak dapat di pungkiri semakin bertambahnya umur seseorang, semakin berkurangnya fungsi organ- organ pada tubuh. Ibaratkan sebuah kendaraan, semakin tua umurnya akan semakin banyak alatnya yang aus. Begitu juga organ tubuh manusia, semakin tua seseorang akan semakin rentan terhadap serangan penyakit. bukan hanya penyakit tekanan darah tinggi, penyakit lain pun dapat
dengan mudah menyerang pada organ yang sistemnya mulai melemah. Itulah penyebabnya mengapa penyakit ini banyak dijumpai pada orang yang telah lanjut usia.
2. Obesitas atau Kegemukan
                Mengapa obesitas menjadi faktor yang sangat menyebabkan tekanan darah tinggi? karena pada tubuh yang mengalami obesitas, semua organ tubuhnya lebih besar dibanding orang kurus. bila organ dan tubuhnya besar, otomatis oksigen dan darah yang  diperlukan oleh tubuhya dalam hitungan detik lebih banyak di bandingkan yang memiliki tubuh ideal. Sehingga, jantung memompa darah dan oksigen lebih cepat. Pembuluh darah di aliri oleh darah dan oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh akan memiliki intensitas yang sangat tinggi. Bila ukuran pembuluh darahnya mengikuti perkembangan tubuh orang yang mengalami obesitas, tidak begitu menjadi masalah. Akan tetapi bila ukurannya tidak ikut membesar, inilah yang menyebakan tekanan darah pada pembuluh darah menjadi tinggi atau sering kita sebut tekanan darah tinggi.
3. Gen dari Orang Tua
                Mereka yang memiliki orang tua yang memiliki penyakit ini, berpotensi besar mengelami penyakit seperti orang tua mereka. Sahabat pantangansehat.blogspot.com yang saya hormati, sudah sewajarnya kita memiliki resiko penyakit yang sama dengan orang tua kita. karena kita adalah turunan gen dari beliau.
4. Tingkat Stres
                Ketika seseorang mengalami stres, tekanan darah akan mulai naik. Tingkat stres seseorang berbanding lurus dengan tekanan darahnya. Semakin tinggi tingkat stresnya maka semakin tinggi pula tekanan darahnya. Hal ini dikarenakan ketika seseorang mengalami stres, maka jantung akan semakin banyak memompa darah dan oksigen ke jaringan otak. Pemompaan ini terjadi secara alami, tatkala otak bekerja lebih keras. Tidak demikian pada orang dengan suasana hati tenang. tingkat tekanan darah mereka cenderung normal, karena jaringan otak bekerja secara normal.
5. Penyempitan Pembuluh Darah
                Ibaratkan sebuah pipa, pembuluh darah harus mengalirkan darah ke seluruh organ tubuh secara intens. sahabat pantangansehat.blogsopt.com, apabila pembuluh darah tidak normal atau terjadi penyempitan, maka otomatis tekanan darah pada pembuluh darah akan tinggi. Penyempitan pembuluh darah dapat terjadi akibat penuaan, timbunan lemak di pembuluh darah, atau kelainan pada pembuluh darah seseorang.
6. Minuman Keras
                Mereka yang memiliki hobi meminum minuman keras, sangat berpotensi memiliki penyakit tekanan darah tinggi. untuk itu hindarilah kebiasaan buruk ini apabila anda tidak ingin mulai mendaftar sebagai salah satu pasien tekanan darah tinggi. Survey membuktikan, mereka yang di usia muda memiliki kebiasaan ini, cenderung ketika menginjak usia lanjut memiliki tekanan darah yang tinggi.
7. Obat Obatan Penunda Kehamilan
                Berdasarkan sebuah survey, obat- obatan yang sering di gunakan orang untuk menunda kehamilan akan membuat anda lebih berisiko mengidap penyakit tekanan darah tinggi. Untuk itu, apabila anda berencana menunda kehamilan, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter di bidangnya yang ada di kota anda. Hal ini dapat meminimalisir resiko terhadap penyakit ini di kemudian hari
8. Jenis Kelamin
                pria memiliki persentase mengidap penyakit darah tinggi ketimbang wanita. Akan tetapi jangan terlalu berbangga dan tidak mengatur pola hidup anda apabila anda seorang wanita. karena, baik pria maupun wanita sama berikisonya mengidap penyakit ini, semua bergantung pada pola hidup anda, sehat atau tidak.
                hal- hal di atas adalah peyebab penyakit tekanan darah tinggi. mari bagikan kepada teman- teman kita baik melalui jejaring sosial maupun secara langsung. agar mereka juga dapat menghidari resiko penyakit tekanan darah tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 MENJAGA KESEHATAN TUBUH Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved